Siapa Anda

Radio Online

Justin Bieber

Artist : Justin Bieber Title : Baby (Feat Ludacris) Artist : Justin Bieber Title : Overboard (Feat Jessica Jarrell)

Senin, 26 April 2010

7 Rancangan Uang Koin Yang Unik


Sekali kita mendengar kata bentuk uang koin pasti selintas di pikiran kita akan menjawab berbentuk bundar.
Bentuk yang sudah ada di seluruh dunia dari jaman dulu.

Tidak hanya di Indonesia saja yang mempunyai bentuk uang koin yang bundar, tapi hampir d setiap negara menggunakan bentuk yang sama untuk uang koin.

namun ad juga yang mempunyai bentuk uang koin yang berlubang di tengahnya seperti uang coin yang digunakan di negara cina, dan di Indonesia (zaman-zaman kerajaan di Indonesia) dsbnnya.



tidak usah jauh-jauh kita melihat bentuk uang koin dari negri luar, berikut ini bentuk uang coin negara kita tercinta :


Ada kelemahan dari bentuk uang koin seperti ini, selain bentuknya yang seragam dan ad yang memiliki ukuran yang hampir sama.

Hal seperti ini sering membuat kita mengambil uang coin d dalam tas, dompet dan sebagainya karena bentuk yang hampir sama, jadi perlu dilihat dulu baru mengetahui nominal uang coin tsbt, dan sulit bagi orng yang maap tunanetra.
Mungkin ini yang membuat Mac Funamizu membuat bentuk uang coin yang lain dari yang lain, dari koin yang ad selama ini:


Ia merancang koin agar dapat dengan mudah diketahui nilai nominalnya hanya dengan merabanya saja (pokoknya tinggal pegang dan raba.... ).

Bahkan dalam merancang bentuk koin seperti inipun ternyata ia juga memikirkan kalangan maap tunanetra, yang langsung dapat mengenali nilai koin dari bentuk dan besarnya.











Pada rancangan ini hanya ada tujuh nilai saja yaitu 1 sen, 5 sen, 10 sen, 25 sen(gak dapet gambarnya), 50 sen, 1 dolar dan 2 dolar

Untuk ukuran nominal sen dibuat hanya setengah dari besar nominal dolar dan bentuk 25 dan 50 sen hanya 1/4 dan 1/2 dari bentuk 1 dolar.

Mungkin bentuk koin unik yang mungkin nyeleh ini bisa digunakan juga untuk koin Indonesia. Paling tidak saat ini kita punya 6 nilai nominal yang masih berlaku 25, 50, 100, 200, 500 dan 1000 rupiah (walau 25 rupiah kayanya dah nggak laku... jarang ada yang mau nerima ). Mungkinkah kita dapat mengaplikasi bentuk koin ini dengan tujuan memudahkan kita dalam mengetahui nilai nominal koin, dan tentu saja akan memudahkan juga bagi rekan kita yang memiliki kekurangan pada mata.

Walau secara bentuk 25 dan 50 sen memiliki kelemahan karena memiliki sisi tajam yang akan membahayakan pemilik koin jika terjadi kecelakaan, tetapi dengan perbaikan bentuk mungkin desain koin ini cukup baik...


source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3672307
http://wahw33d.blogspot.com/2010/04/7-rancangan-uang-koin-yang-unik.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar