Siapa Anda

Advertise here

Radio Online

Justin Bieber

Artist : Justin Bieber Title : Baby (Feat Ludacris) Artist : Justin Bieber Title : Overboard (Feat Jessica Jarrell)

Sabtu, 28 Agustus 2010

BrainPort, Memungkinkan Orang Buta Untuk “Melihat” Melalui Lidahnya

Kopral Craig Lundberg, 24 tahun adalah orang pertama yang menggunakan kacamata BrainPort. Kopral Lundberg mengalami kebutaan akibat terkena granat di Basra, Iraq pada tahun 2007. Karena itulah Kementrian Pertahanan Inggris mencoba teknologi baru ini kepadanya dengan harapan agar dapat membantunya untuk membantuya melihat.

Kopral Lundberg mencoba teknologi BrainPort yang digabungkan dengan kacamata dan sebuah alat vibrator yang ditempatkan di lidahnya

BrainPort akan mengubah citra visual menjadi serangkaian pesan elektrik yang dikirim ke lidah untuk selanjutnya dibaca atau ditafsirkan sehingga pengguna dapat membayangkan lingkungan mereka secara mental dan menavigasi di sekitar objek.

Selain menggunakan BrainPort, Kopral Lundberg juga dibantu anjingnya Hugo.

BrainPort ini terdiri dari kamera video kecil yang melekat pada sepasang kacamata hitam yang dihubungkan dengan plastik ‘lilin pop’ yang ditempatkan di lidah mereka untuk membaca pesan elektrik.

Kopral Lundberg menjelaskan: “Rasanya seperti permen popping. Kamera mengirim sinyal turun ke lilin pop dan ke lidah Anda, Anda kemudian dapat menentukan apa yang mereka maksudkan dan mentansfernya menjadi sebuah bentuk.

Craig Lundberg
“Anda mendapatkan garis dan bentuk, itu berwarna hitam dan putih sehingga Anda mendapatkan dua dimensi gambar di lidah Anda, rasanya seperti kesemutan.

“Ini hanya prototipe, namun potensi untuk mengubah hidup saya secara besar-besaran, itu punya banyak potensi untuk menolong orang buta.

‘Salah satu hal itu telah memungkinkan saya lakukan adalah memungut benda langsung, aku bisa meraih dan menjemput mereka ketika sebelum saya akan meraba-raba sekitar merasa untuk mereka. ”

Begitulah kata Kopral Lundberg, semoga kedepannya teknologi ini dapat lebih dikembangkan sehingga lebih banyak orang buta yang dapat ditolong.

sumber : http://www.adipedia.com/brainport-memungkinkan-orang-buta-untuk-melihat-melalui-lidahnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar