Siapa Anda

Radio Online

Justin Bieber

Artist : Justin Bieber Title : Baby (Feat Ludacris) Artist : Justin Bieber Title : Overboard (Feat Jessica Jarrell)

Jumat, 27 Agustus 2010

Mengungkap Kode Rahasia di Balik Logo US Cyber Command

Pusat Keamanan Cyber Amerika Serikat atau US Cyber Command yang berpusat di Maryland adalah salah satu fasilitas militer yang paling rahasia sekaligus paling canggih keamanannya.

Misinya buram alias tak jelas diungkap ke publik, bahkan di kalangan internal angkatan bersenjata sekaligus. Namun, tak hanya itu yang jadi rahasia besar. Teka-teki lain terdapat menempel dalam logo lembaga tersebut.

Logo US Cyber Command berbentuk lingkaran, dominan warna biru, dengan gambar Burung Elang di tengahnya. Yang paling menarik perhatian adalah cincin emas yang melingkar di tengah logo. Dalam cincin tersebut tertera kode: 9ec4c12949a4f31474f299058ce2b22a.

Logo US Cyber Command

Para pemecah kode rahasia merasa tertantang untuk memecahkan deretan 32 angka dan huruf — berharap bisa menguak suatu rahasia dari sana.

“Itu bukan hanya sekedar nomor acak. Saya yakin itu adalah kode untuk sesuatu yang spesifik,” kata sumber kepada Danger Room, seperti dimuat laman Wired.com, 7 Juli 2010.

“Saya meyakini detail itu dibuat khusus untuk mewakili simbol tertentu.”

Ditambahkan sumber tersebut, meski sebuah desain logo dipilih dari beberapa proposal yang masuk, pasti ada alasan mengapa simbol seperti itu yang dipilih. Khususnya, mengapa ada deretan angka dan nomor itu.

“Jelas, itu sesuatu yang penting bagi militer. Diduga terkait dengan misi militer.”

Tantangan bagi orang-orang yang mampu memecahkan koe ini. Jawaban yang tepat akan diganjar hadiah, kaus dari Danger Room atau tiket ke Museum Mata-mata Internasional. Namun, jawaban datang dari salah satu Komandan Cyber Command, Letnan Komandan Steve Curry. Kata dia, kode itu jelas merupakan pernyataan misi dari lembaga tersebut.

“Itu mengapa aku langsung mencari tahu dari orang yang mendesainnya,” kata Curry, seperti dimuat laman Yahoo News.

Dia menduga desainer logo menggunakan kriptografik yang disebut MD 5 untuk mengubah kalimat menjadi jejeran karakter huruf dan angka.

Mau tahu apa arti 9ec4c12949a4f31474f299058ce2b22a?

Yakni, “USCYBERCOM plans, coordinates, integrates, synchronizes, and conducts activities to: direct the operations and defense of specified Department of Defense information networks and; prepare to, and when directed, conduct full-spectrum military cyberspace operations in order to enable actions in all domains, ensure US/Allied freedom of action in cyberspace and deny the same to our adversaries.”

Atau berarti, “USCYBERCOM merencanakan, mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronisasikan, dan melakukan aktivitas: melakukan operasi dan pertahanan terhadap jaringan informasi Departemen Pertahanan.”

“Mempersiapkan dan mengarahkan kondisi yang memungkinkan dilakukannya operasi militer di dunia maya di semua domain, memastikan kebebasan Amerika Serikat dan sekutunya di dunia maya, dan sebaliknya menolak adanya kebebasan untuk para musuh.”

sumber : http://www.adipedia.com/mengungkap-kode-rahasia-di-balik-logo-us-cyber-command/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar