Siapa Anda

Radio Online

Justin Bieber

Artist : Justin Bieber Title : Baby (Feat Ludacris) Artist : Justin Bieber Title : Overboard (Feat Jessica Jarrell)

Jumat, 27 Agustus 2010

Inilah Sebabnya Mengapa Laba-laba Tidak Terjebak pada Jaringnya Sendiri

Posted on 25 Aug 2010 at 4:34pm

Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa jaring laba-laba tidak semua lengket. Sebagian besar di dalam jaring ada yang lengket dan lainnya tidak . Garis-garis radial di pada jarring laba-laba (baris yang terlihat seperti jari-jari yang keluar dari pusat jaring) tidak lengket. Sedangkan jaring yang berbentuk spiral merupakan jaring lengket. Jika seekor serangga menyentuh jaring, ia akan terjebak pada bagian yang lengket itu, dan laba-laba segera menuju ke benang yang tidak lengket untuk memangsa serangga tersebut. Jadi laba-laba dapat menavigasi menggunakan jaring radial tanpa masalah.

Meskipun setiap laba-laba membuat beberapa jenis sutra, tidak semua jenis sutra adalah sama. Setidaknya ada enam atau tujuh jenis kelenjar sutra yang ditemukan pada laba-laba, dan masing-masing kelenjar membuat sendiri jenis sutra. Sutra yang berbeda digunakan untuk jaring-bangunan, pembungkus makanan, atau untuk membungkus sebuah kantung telur. sutra laba-laba mungkin atau tidak mungkin lengket, tergantung pada apakah sedang digunakan untuk menangkap makanan atau tidak.

Hal kedua yang perlu dipahami adalah bagaimana laba-laba berjalan di jaring. Laba-laba memiliki cakar khusus dalam ukuran kecil, yang memungkinkan mengambil untaian dari jaring laba-laba. Beberapa laba-laba memiliki dua atau tiga cakar pada ujung setiap kaki. Dengan cara ini, laba-laba dapat bergerak dengan cepat melalui jaring tanpa terjebak. Dalam membuat jaring, salah satu cakar memiliki area khusus yang digunakan untuk mengaitkan untaian jaring. Laba-laba dapat menggunakan cakar khusus untuk berayun dari untaian ke untaian lainnya tanpa harus menyentuh bagian lengket dari jaring. Oleh karena itu ketika laba-laba menyentuh jaring, tidak seperti lalat dengan sayap besar terjebak di sebuah untaian jaring lengket. Intinya kontak laba-laba pada untaian jaring tersebut sangat kecil. Bahkan jika menyentuh seuntai jaring lengket, jumlah perekat yang tersentuh sangat kecil dan karena itu mudah untuk dilepaskan.

KAKI BERBULU

Banyak laba-laba mempunyai gumpalan rambut pendek padat yang disebut scapulae terletak antara cakar. Akhir dari setiap rambut bercabang ke rambut-rambut kecil sedikit banyak seperti sikat. rambut ini dapat menyerap kelembaban, membuat kaki laba-laba seperti diberi perekat. Dengan kaki ini laba-laba bisa naik permukaan yang halus seperti kaca.

KAKI BERCAKAR

Dua cakar bergigi di ujung kaki laba-laba memungkinkannya untuk memegang permukaan jaring. Laba-laba memiliki cakar tengah ketiga yang dapat mengait jaring sutra dan memegang sutra dengan rambut berduri. memungkinkan laba-laba ini untuk memegang sutra dengan halus dan kering tanpa terjatuh atau tergelincir.

Hal ketiga, Beberapa ilmuwan juga berpikir bahwa laba-laba memiliki jenis minyak tertentu pada tubuhnya yang membantu menjaga jaring untuk tidak melekat ke tubuh laba-laba.dan membantu untuk menghentikannya terjebak dalam jaring sendiri.. Namun jika mereka slip atau jatuh, mereka memang bisa jatuh ke dalam jebakan mereka sendiri (terjebak di web sendiri), namun hanya dalam beberapa kasus saja laba-laba dapat tergelincir.

Berdasarkan kutipan dua ahli terkemuka di dunia dalam penggunaan sutra laba-laba (Fritz Vollrath dan Edward Tillinghast) menulis pada tahun 1992: ” Ecribellate spiders simply tiptoe around the glue, which they deposit in spheroidal globs. When a spider accidentally steps into one of these glue balls, as it sometimes does, it suffers no more inconvenience than a human stepping into a wad of gum. When a fly slams into the web, however, it hits about 50 of the droplets, enough to make it stick. ” Untuk mendapatkan hal tersebut, peneliti tidak menemukan kelenjar yang mensekresi minyak

Laba-laba bisa membedakan getaran di dalam jaringan mereka yang dibuat oleh seekor lalat, serangga, sebuah tawon berbahaya, atau bahkan sesuatu yang tidak berguna, seperti daun atau ranting!


sumber : http://www.adipedia.com/inilah-sebabnya-mengapa-laba-laba-tidak-terjebak-pada-jaringnya-sendiri/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar