Siapa Anda

Advertise here

Radio Online

Justin Bieber

Artist : Justin Bieber Title : Baby (Feat Ludacris) Artist : Justin Bieber Title : Overboard (Feat Jessica Jarrell)

Sabtu, 28 Agustus 2010

10 Fakta Menarik Tentang Processor yang Perlu Anda Ketahui

Processor ibarat “Otak” dari sebuah komputer. Processor sendiri adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer (wikipedia). Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi. Komponen ini digunakan semua perangkat elektronik dan menjadi CLOCK GENERATOR. Inilah fakta-fakta menarik seputar microchip tersebut.

1.Lebih Panas dari Kompor

Thermal power loss prosesor modern mencapai 125 watt per cm kuadrat yang kemu­dian menghasilkan panas. Sementara itu, pelat pemanas kompor listrik umumnya berkisar antara 7 dan 10 watt per cm kuadrat.

2.Prosesor Nomor Satu

Intel 4004 merupakan mikro­prosesor pertama. Prosesor ini dilempar ke pasaran pada tahun 1971 seharga 200 dolar dan terdiri atas 2.300 transistor. Sebagai perbandingannya, prosesor Intel Core i7 dengan teknologi 45nm yang memiliki 731 juta transistor.

3.Satu Miliar Transistor per Kepala

Pada tahun 2010, industri semikonduktor dunia akan memproduksi satu miliar transistor untuk setiap penduduk dunia.Menurut data dari Semiconductor Industry Association (SIA), pada tahun 2005, angka ini sudah mencapai 90 juta transistor per penduduk.

4.CPU Buatan Sendiri

Seorang Amerika, Steve Chamberlin, membangun sebuah CPU dengan menggunakan Logic-Module dan sekitar 1.250 kabel untuk proyek “Big Mess of Wires” miliknya. Prosesor buatan sendiri dengan clock sebesar 2 MHz ini merupakan jantung dari sebuah komputer sederhana. Diperlukan waktu 16 bulan untuk menyelesaikannya.

5.Benda Bundar dengan Kelemahan yang Mahal

Lantaran bentuknya bundar, seperlima bidang wafer silikon ini tidak dapat digunakan untuk produksi chip. Tidak ada alternatif lain yang berbentuk segi empat. Piringan hanya setebal 775 mikrometer ini diiris dari kristal-kristal silikon besar, ditarik dengan sebuah smelter dan bentuknya sudah bundar.

6.Pionir Era Silikon

Jack Kilby dinobatkan sebagai Bapak Prosesor. Insinyur dari perusahaan Texas Instruments ini membangun sebuah integrated circuit pertama pada tahun 1958, terdiri atas sebuah oscilator pada sebuah pita germanium kecil. Sebagai pionir dalam mikro­elektronik, ia kemudian mendapat hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 2000.

7.Kontak Ke Luar Angkasa

Dalam film E. T. (1983), alien membangun sebuah perangkat communicator antarplanet. Core dari perangkat mainan “Speak & Spell” yang digunakan untuk berkomunikasi ini adalah TMC 2081 dari Texas Instruments dan merupakan Voice Synthesizer Chip pertama.

8.Venus: CPU Tercepat di Dunia

Saat ini, Venus menjadi prosesor tercepat di dunia. Prosesor ini merupakan sebuah prototipe dari Fujitsu yang dapat menyelesaikan 128 miliar operasi komputer per detik. Kemampuan prototipe ini kira-kira 2,5 kali lebih cepat daripada CPU Intel terbaru.

9.Error Inside

Pada 1994, prosesor Pen­tium muncul di pasaran dan ternyata tidak berfungsi secara normal. Saat proses pem­bagian, terjadi kesalahan pembulatan (roundoff error) mulai 5 angka desimal. Sebagai akibatnya, Intel mengeluarkan uang sebesar 475 juta dollar atas klaim prosesor ini.

10.Kelangkaan Silikon Tidak Terlihat

Silikon merupakan unsur kimia yang paling banyak digunakan setelah oksigen. Lantaran baik untuk pertumbuhan tulang, sebaiknya manusia paling tidak mengonsumsi silikon 30 mg setiap hari.Menurut Wikipedia, silikon yang baik dapat diperoleh dari bir.

Sumber: Chip dengan sedikit tambahan http://www.adipedia.com/10-fakta-menarik-tentang-processor-yang-perlu-anda-ketahui/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar